Widget by tips dan trik blogspot
Om Swastiastu, selamat datang di Puskesmas Bangli Utara,situs ini bukan situs resmi Puskesmas Bangli Utara,situs ini dibuat hanya sebagai media informasi dan komunikasi, isi dan materi dalam situs ini diluar tanggung jawab Kepala Puskesmas Bangli Utara, terima kasih, Om shanti shanti shanti om

Minggu, 03 November 2013

Tanaman Dewandaru

Salah satu tanaman apotek hidup di Puskesmas Bangli Utara yakni tanaman Dewandaru. tanaman Dewandaru terkenal akan khasiatnya sebagai penangkal kanker.
Dewandaru punya nama latin Eugenia uniflora. Tapi ia punya segudang nama lokal lain seperti Brazil cherry, Surinam cherry, Pitanga, Cerise de Cayenne, Cerisescotes, Cerise carrée, Ceremai belanda, Mayom-farang.
Pohon ini bisa kita jumpai di Gunung Kawi  karena buahnya dipercaya membawa berkah bagi kaum tiong hoa/ kong hu cu. Tapi ternyata buah dan tanaman ini memiliki manfaat bagi kesehatan karena kaya akan kandunga kimiawi yg dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit.
Kandungan kimiawi Dewandaru adalah flavonoid, saponin, dan tanin (Hutapea, 1994). Flavonoid dari ekstrak daun berupa myricetrin, myrcitrin, gallocatechin, quercetin, dan quercitrin (Schmeda-Hirschmann et al, 1987). Senyawa tannin yang diisolasi dari fraksi aktif  Eugenia uniflora antara lain gallocatechin, oenothein B, eugeniflorins D(1) and D(2)
Buah dan daun Eugenia uniflora digunakan sebagai peningkat kualitas astringent dan mengurangi tekanan darah tinggi (Bandoni et al, 1972). Hasil decocta daun Eugenia uniflora di Paraguai digunakan untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah (Ferro et al, 1994).
Selain itu juga dapat menurunkan metabolisme lipid dan dapat digunakan sebagai efek proteksi pada trigliserida dan level lipoprotein yang sangat rendah (Ferro et al, 1988).
Daun Eugenia uniflora sebagai obat tradisional berkhasiat sebagai obat mencret (Hutapea, 1994). Aksi anti infamasi yang tinggi juga ditemukan pada daun Eugenia uniflora (Scapoval et al, 1994). Pada Brazilian folk medicine buah Eugenia uniflora digunakan sebagai antidiare, diuretik, antirematik, anti-febrile, dan antidiabetik. Selain itu, ekstrak daun Eugenia uniflora juga sebagai agen hipotensif (Consolini et al, 2000) dan menghambat peningkatan level trigliserida dan glukosa plasma (Matsumura et al, 2000).
Salah satu tanaman yang memiliki prospek yang bagus untuk dikembangkan sebagai obat antikanker.

sumber :  http://tanamanobatku.wordpress.com/2011/02/02/dewandaru-penangkal-kanker/

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More